Minggu, 22 Agustus 2010
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama sekolah : SMA 3 KOTA SUKABUMI
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/semester : XII / 1

Standar Kompetensi : 1. Memahami dampak perubahan sosial
Kompetensi Dasar : 1. 1. Menjelaskan proses perubahan sosial di masyarakat.
Indikator :
• Memberi contoh berbagai perubahan yang terjadi di masyarakat.
• Mendeskripsikan bentuk-bentuk perubahan sosial.
• Memberikan contoh faktor pendorong perubahan sosial.
• Mengidentifikasikan faktor-faktor penghambat perubahan sosial.




Alokasi Waktu : 8 x 45 menit (4 X Pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1. mendeskripsikan pengertian perubahan sosial
2. mengidentifikasi bentuk-bentuk perubahan sosial
3. mengidentifikasi faktor pendorong dan penghambat perubahan sosial.
4. menjelaskan akibat dari perubahan sosial

B. Materi Pembelajaran
1. Perubahan Sosial

C. Metode Pembelajaran
1. Informasi
2. kerja mandiri
3. eksplorasi
4. diskusi
5. ceramah

D. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 1

No. Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu Keterangan
1. Pendahuluan
a. Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan beberapa perubahan yang terjadi dalam diri siswa.
b. Memotivasi
Siswa mendengarkan tujuan mempelajari hakikat dan bentuk-bentuk perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat.
c. Rambu-rambu belajar
Siswa memperhatikan gambar yang menunjukkan perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat. Setelah itu, siswa memperhatikan skema perubahan sosial yang digambar oleh guru.

2. Kegiatan Inti
a. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian perubahan sosial, pandangan para tokoh tentang perubahan sosial, teori utama pola perubahan sosial, dan teori-teori modern mengenai perubahan sosial.
b. Siswa bisa menggali informasi dari berbagai informasi tentang perubahan sosial misalnya, di perpustakaan atau pengalaman di sekitarnya.
c. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mendiskusikan perubahan sosial.
d. Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas dan guru memandu diskusi secara klasikal.
e. Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang diskusi yang telah dilakukan.

3. Kegiatan Akhir
a. Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang materi yang dipelajari tentang pengertian perubahan sosial.
b. Siswa diberi tugas untuk mengamati masyarakat di sekitar lingkungannya dan membuat karangan tentang perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat.
c. Siswa mempersiapkan kamera untuk foto perubahan sosial untuk pertemuan berikutnya.


Pertemuan 2

No. Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu Keterangan
1. Pendahuluan
a. Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru mengumpulkan tugas siswa berupa karangan tentang perubahan sosial dalam masyarakat.
b. Memotivasi
Siswa mendengarkan tujuan mempelajari bentuk-bentuk perubahan sosial.
c. Rambu-rambu belajar
Siswa memperhatikan gambar bentuk-bentuk perubahan sosial dalam masyarakat..
2. Kegiatan Inti
a. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang bentuk-bentuk perubahan sosial.
b. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian para siswa ditugaskan untuk memotret perubahan-perubahan sosial yang terjadi di sekitar lingkungan sekolahnya.
c. Siswa membuat laporan singkat tentang obyek foto yang diambil kepada guru.
d. Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang bentuk-bentuk perubahan sosial.
3. Kegiatan Akhir
a. Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan guru secara tertulis.
b. Siswa diberi tugas untuk mencetak foto lalu siapkan untuk pameran.

Pertemuan 3

No. Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu Keterangan
1. Pendahuluan
a. Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan beberapa pertanyaan seputar bentuk-bentuk perubahan sosial.
b. Memotivasi
Siswa mendengarkan tujuan mempelajari faktor-faktor pendorong dan penghambat serta dampak perubahan sosial dalam masyarakat.
c. Rambu-rambu belajar
Siswa memperhatikan gambar mode pakaian atau foto yang diambil oleh para siswa. .
2. Kegiatan Inti
a. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang faktor pendorong dan penghambat perubahan sosial dan dampak perubahan sosial tersebut.
b. Siswa bisa menonton film tentang perubahan sosial.
c. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mendiskusikan materi pembelajaran.
d. Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas dan guru bertugas sebagai pemandu diskusi kelas.
e. Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang faktor pendorong dan penghambat perubahan sosial dan dampak sosialnya.

3. Kegiatan Akhir
a. Siswa dan guru membuat rangkuman bersama materi yang dipelajari tentang faktor pendorong dan penghambat perubahan sosial dan dampak perubahan sosial tersebut.
b. Siswa diberi tugas untuk membuat kliping dengan analisa tentang faktor pendorong terjadinya perubahan itu.


Pertemuan 4

No. Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu Keterangan
1. Pendahuluan
a. Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru mengumpulkan tugas para siswa.
b. Memotivasi
Siswa mendengarkan maksud diadakan ulangan blok.
c. Rambu-rambu belajar
Siswa mendapat penjelasan dari guru tentang ulangan blok.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa mendapatkan soal-soal ulangan.
b. Siswa mengerjakan soal-soal ulangan yang sudah dibagikan.
c. Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya untuk diperiksa dan dinilai.
3. Kegiatan Akhir
a. Siswa dan guru membahas pertanyaan-pertanyaan yang telah dikerjakan oleh siswa dalam ulangan blok.
b. Siswa diberi tugas untuk mempelajari bahan yang telah dijadikan ulangan blok.

E. Sumber pembelajaran:
1. Buku Sosiologi SMA kelas
2. Pengalaman siswa tentang perubahan sosial
3. Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.

F. Media
1. Papan tulis
2. Alat-alat tulis
3. Lembar soal
4. Transparan Konsep
5. Power Point
6. LCD PROJECTOR
G. Penilaian
1. Hasil pekerjaan siswa dari ulangan blok
2. Karangan siswa tentang perubahan sosial dalam masyarakat.
3. Diskusi kelompok


Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.

No. Nama ASPEK PENILAIAN Total nilai Presentasi
Sikap Keaktifan Wawasan Kemampuan mengemukakan pendapat Kerja sama




Keterangan: nilai maksimal 20


LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No Nama Siswa Aspek yang Dinilai Skor/ Jumlah
1 2 3 4 5 6






Aspek yang dinilai:
1. Kemampuan menyampaikan pendapat.
2. Kemampuan memberikan argumentasi.
3. Kemampuan memberikan kritik.
4. Kemampuan mengajukan pertanyaan.
5. Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
6. Kelancaran berbicara.

Penskoran: Jumlah skor:
A. Tidak Baik Skor 1 24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor 2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12—17 = Cukup
D. Baik Skor 4 6—11 = Kurang
E. Sangat Baik Skor 5


FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No Nama Siswa Kriteria Penilaian Jumlah Skor
1 2 3 4 5
1
2
dst



Keterangan: Rentang skor : 1—3
1. Aktivitas dalam kelompok 2—15 = Sangat baik
2. Tanggung jawab individu 9—11 = Baik
3. Pemikiran 6—8 = Cukup
4. Keberanian berpendapat 3—5 = Kurang
5. Keberanian tampil

Test pilihan ganda dan uraian











































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama sekolah : SMA 3 KOTA SUKABUMI
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/semester : XII / 1

Standar Kompetensi : 1. Memahami dampak perubahan sosial
Kompetensi Dasar : 1. 1. Menganalisis dampak perubahan sosial terhadap
kehidupan masyarakat. .
Indikator :
• Memberikan contoh kasus dampak perubahan sosial.
• Mengidentifikasi tantangan globalisasi terhadap eksistensi jati diri bangsa
• Mengemukakan gagasan atau pemikiran untuk mengatasi memudarnya jati
diri bangsa

Alokasi Waktu : 6 x 45 menit (4 X Pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
 menjelaskan pengertian modernisasi dan globalisasi
 memberi contoh dampak modernisasi dan globalisasi
 mengidentifikasi tantangan global terhadap eksistensi jati diri bangsa
 mengemukakan gagasan atau pemikiran untuk mengatasi memudarnya jati diri.

B. Materi Pembelajaran
1. Dampak Perubahan Sosial
2. Modernisasi dan globalisasi

C. Metode Pembelajaran
1. informasi
2. kerja mandiri
3. tanya-jawab
4. eksplorasi
5. diskusi
6. ceramah

D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1

No. Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu Keterangan
1. Pendahuluan
d. Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan beberapa pertanyaan seputar modernisasi dan globalisasi.
e. Memotivasi
Siswa mendengarkan maksud dari pembelajaran tentang modernisasi dan globalisasi.
f. Rambu-rambu belajar
Siswa memperhatikan gambar yang menunjukkan modernisasi dan globalisasi serta skema perubahan sosial.
2. Kegiatan Inti
f. Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan modernisasi dan globalisasi.
g. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang modernisasi:pengertian, ciri manusia modern, syarat-syarat modernisasi, sikap mental manusia modern, gejala-gejala modernisasi, dan pengertian dan proses terjadinya globalisasi.
h. Siswa menguraikan dampak modernisasi tentang perubahan sosial budaya
i. Siswa memberi tanggapan atas kasus tersebut. Guru memandu jalannya diskusi kelas.
j. Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang dampak modernisasi terhadap perubahan sosial dan budaya.
3. Kegiatan Akhir
d. Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang materi yang dipelajari tentang pengertian modernisasi dan globalisasi.
e. Siswa mengadakan post test tentang pengertian modernisasi dan globalisasi.
f. Siswa membaca beberapa artikel tentang modernisasi dan globalisasi lalu memberi tanggapan sederhana.

Pertemuan 2
No. Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu Keterangan
1. Pendahuluan
d. Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan beberapa pertanyaan seputar modernisasi dan globalisasi.
e. Memotivasi
Siswa menyebtukan gejala-gejala modernisasi dan globalisasi.
f. Rambu-rambu belajar
Siswa memperhatikan contoh-contoh gejala-gejala modernisasi dan globalisasi.
2. Kegiatan Inti
e. Siswa memperhatikan gambar-gambar yang menunjukkan gejala modernisasi dan globalisasi.
f. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang gejala-gejala modernisasi dan globalisasi serta dampak dan tantangan di masa yang akan datang.
g. Siswa mendeskripsikan gejala modernisasi dan globalisasi yang terjadi dalam bidang-bidang tertentu dan pengaruhnya bagi masyarakat Indonesia. Siswa dapat membuatnya dalam bentuk tabel.
h. Siswa mengumpulkan tugasnya untuk diperiksa guru.
i. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mendiskusikan artikel yang ada
j. Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas dan guru menjadi pemandu diskusi kelas.
k. Siswa dan guru membuat kesimpulan atas hasil diskusi siswa tersebut.
3. Kegiatan Akhir
c. Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang gejala modernisasi dan globalisasi, pengaruh dan tantangan di masa yang akan datang.
d. Siswa diberi tugas untuk membuat karangan berupa artikel atau essey tentang upaya menanggapi tantangan globalisasi di masa depan.


Pertemuan 3

No. Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu Keterangan
1. Pendahuluan
d. Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru mengumpulkan tugas para siswa.
e. Memotivasi
Siswa mendengarkan maksud diadakan ulangan blok.
f. Rambu-rambu belajar
Siswa mendapat penjelasan dari guru tentang ulangan blok.
2. Kegiatan Inti
d. Siswa mendapatkan soal-soal ulangan.
e. Siswa mengerjakan soal-soal ulangan yang sudah dibagikan.
f. Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya untuk diperiksa dan dinilai.
3. Kegiatan Akhir
c. Siswa dan guru membahas pertanyaan-pertanyaan yang telah dikerjakan oleh siswa dalam ulangan blok.
d. Siswa diberi tugas untuk mempelajari bahan yang telah dijadikan ulangan blok.


E. Sumber pembelajaran:
1. Buku Sosiologi SMA kelas
2. Pengalaman siswa tentang perubahan sosial
3. Alat-alat teknologi komunikasi dan transportasi.
4. Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.

F. Media
1. Papan tulis
2. Alat-alat tulis
3. Lembar soal
4. Transparan Konsep
5. Power Point
6. LCD PROJECTOR
G. Penilaian
1. Hasil pekerjaan siswa dari ulangan blok dari halaman 26-30.
2. Karangan siswa tentang tantangan globalisasi di masa yang akan datang.
3. Diskusi kelompok dalam buku halaman 51.

Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.

No. Nama ASPEK PENILAIAN Total nilai Presentasi
Sikap Keaktifan Wawasan Kemampuan mengemukakan pendapat Kerja sama




Keterangan: nilai maksimal 20


LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No Nama Siswa Aspek yang Dinilai Skor/ Jumlah
1 2 3 4 5 6






Aspek yang dinilai:
1. Kemampuan menyampaikan pendapat.
2. Kemampuan memberikan argumentasi.
3. Kemampuan memberikan kritik.
4. Kemampuan mengajukan pertanyaan.
5. Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
6. Kelancaran berbicara.

Penskoran: Jumlah skor:
A. Tidak Baik Skor 1 24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor 2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12—17 = Cukup
D. Baik Skor 4 6—11 = Kurang
E. Sangat Baik Skor 5



FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No Nama Siswa Kriteria Penilaian Jumlah Skor
1 2 3 4 5
1
2
dst

Keterangan: Rentang skor : 1—3
1. Aktivitas dalam kelompok 2—15 = Sangat baik
2. Tanggung jawab individu 9—11 = Baik
3. Pemikiran 6—8 = Cukup
4. Keberanian berpendapat 3—5 = Kurang
5. Keberanian tampil































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama sekolah : SMA 3 KOTA SUKABUMI
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/semester : XII / 1

Standar Kompetensi : 1. Memahami lembaga sosial
Kompetensi Dasar : 1. 1. menjelaskan hakikat lembaga sosial
1. 2. Mengklasifikasikan tipe-tipe lembaga sosial.
1. 3. Mendeskripsikan peran dan fungsi lembaga sosial.
Indikator :
• Menjelaskan pengertian lembaga sosial
• Menjelaskan proses pembentukan lembaga sosial
• Mengidentifikasi tipe-tipe lembaga sosial
• Menguraikan hubungan antar lembaga sosial
• Menguraikan peran dan fungsi lembaga keluarga, agama, pendidikan, politik-ekonomi.
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit (4 X Pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
 memberi pengertian mengenai lembaga sosial
 memahami proses pertumbuhan pranata sosial
 mengerti fungsi, karakteristik, dan tipe lembaga sosial
 mengetahui macam-macam lembaga sosial.

B. Materi Pembelajaran
1. Lembaga Sosial

C. Metode Pembelajaran
1. informasi
2. kerja mandiri
3. tanya-jawab
4. eksplorasi
5. diskusi
6. ceramah

D. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 1

No. Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu Keterangan
1. Pendahuluan
A. Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan beberapa pertanyaan modernisasi dan globalisasi.
B. Memotivasi
Siswa menyebutkan beberapa lembaga sosial dalam masyarakat.
C. Rambu-rambu belajar
Siswa memperhatikan skema lembaga sosial yang dibuatkan oleh guru
2. Kegiatan Inti
a. Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang berhubungan norma-norma dan nilai-nilai yang ada dalam masyarakat.
b. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang hakikat lembaga sosial dan tipe-tipe lembaga sosial.
c. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mendiskusikan kasus perjudian yang ada dalam masyarakat.
d. Sisiwa membacakan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas. Kelompok yang lain bisa menyangga dan menanggapi hasil diskusi kelompok tersebut.
e. Siswa dan guru membuat kesimpulan dari hasil diskusi kelompok.
3. Kegiatan Akhir
a. Siswa dan guru membuat rangkuman bersama materi yang sudah dipelajari bersama tentang hakikat lembaga sosial dan tipe-tipe lembaga sosial.
b. Siswa mengadakan post test tentang hakikat lembaga sosial dan tipe-tipe lembaga sosial.


Pertemuan 2

No. Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu Keterangan
1. Pendahuluan
a. Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan beberapa pertanyaan seputar lembaga sosial dan tipe-tipe lembaga sosial.
b. Memotivasi
Siswa menyebtukan jenis-jenis lembaga sosial yang ada dalam masyarakat.
c. Rambu-rambu belajar
Guru memberi tahu beberapa lembaga sosial dalam masyarakat.
2. Kegiatan Inti
1. Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang jenis-jenis lembaga sosial.
2. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mendiskusikan lembaga-lembaga sosial yang ada dalam masyarakat. Misalnya, menulis proses upacara perkawinan dan fungsi tahapan-tahapan dalam upacara perkawinan tersebut, bentuk kekerabatan, pembayaran mas kawin, pola meneta sesudah perkawinan, serta susunan keluarga.
3. Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru bertindak sebagai pemandu diskusi kelas.
4. Siswa dan guru membuat kesimpulan atas diskusi siswa.
3. Kegiatan Akhir
a. Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang jenis-jenis lembaga sosial dalam masyarakat.
b. Siswa diberi tugas untuk membuat laporan secara individu tentang proses perkawinan di daerahnya atau di lingkungan keluarganya.



Pertemuan 3

No. Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu Keterangan
1. Pendahuluan
A. Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru mengumpulkan tugas para siswa.
B. Memotivasi
Siswa mendengarkan maksud diadakan ulangan blok.
C. Rambu-rambu belajar
Siswa mendapat penjelasan dari guru tentang ulangan blok.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa mendapatkan soal-soal ulangan.
b. Siswa mengerjakan soal-soal ulangan yang sudah dibagikan.
c. Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya untuk diperiksa dan dinilai.
3. Kegiatan Akhir
a. Siswa dan guru membahas pertanyaan-pertanyaan yang telah dikerjakan oleh siswa dalam ulangan blok.
b. Siswa diberi tugas untuk mempelajari bahan yang telah dijadikan ulangan blok.


H. Sumber pembelajaran:
1. Buku Sosiologi SMA kelas 3
2. Pengalaman siswa tentang perubahan sosial
3. Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.

I. Media
1. Papan tulis
2. Alat-alat tulis
3. Lembar soal
4. Transparan Konsep
5. Power Point
6. LCD PROJECTOR

J. Penilaian
1. Hasil pekerjaan siswa dari ulangan blok
2. Laporan siswa tentang lembaga perkawinan.
3. Diskusi kelompok



Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.

No. Nama ASPEK PENILAIAN Total nilai Presentasi
Sikap Keaktifan Wawasan Kemampuan mengemukakan pendapat Kerja sama




Keterangan: nilai maksimal 20


LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No Nama Siswa Aspek yang Dinilai Skor/ Jumlah
1 2 3 4 5 6






Aspek yang dinilai:
1. Kemampuan menyampaikan pendapat.
2. Kemampuan memberikan argumentasi.
3. Kemampuan memberikan kritik.
4. Kemampuan mengajukan pertanyaan.
5. Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
6. Kelancaran berbicara.

Penskoran: Jumlah skor:
A. Tidak Baik Skor 1 24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor 2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12—17 = Cukup
D. Baik Skor 4 6—11 = Kurang
E. Sangat Baik Skor 5


FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No Nama Siswa Kriteria Penilaian Jumlah Skor
1 2 3 4 5
1
2
dst

Keterangan: Rentang skor : 1—3
1. Aktivitas dalam kelompok 2—15 = Sangat baik
2. Tanggung jawab individu 9—11 = Baik
3. Pemikiran 6—8 = Cukup
4. Keberanian berpendapat 3—5 = Kurang
5. Keberanian tampil




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama sekolah : SMA 3 KOTA SUKABUMI
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/semester : XII / 2

Standar Kompetensi : 1. Mempraktekkan metode penelitian sosial
Kompetensi Dasar : 1. 1. Merancang metode penelitian secara sederhana
Indikator :
• Mendeskripsikan proses berpikir dan penelitian
• Menentukan topik atau judul penelitian.
• Merumuskan rancangan penelitian secara sederhana. Misalnya, menentukan topik merumuskan masalah, dan memilih metode penelitian.

Alokasi Waktu : 6 x 45 menit (4 X Pertemuan)

1. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
 mendeskripsikan proses berpikir dan penelitian.
 menentukan topik atau judul penelitian
 merumuskan masalah penelitian
 merumuskan rancangan penelitian sosial budaya
 memilih metode penelitian

2. Materi Pembelajaran
1. Penelitian Sosial

3. Metode Pembelajaran
1. informasi
2. kerja mandiri
3. tanya-jawab
4. eksplorasi
5. diskusi
6. ceramah

4. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1

No. Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu Keterangan
1. Pendahuluan
a. Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan beberapa pertanyaan tentang lembaga sosial.
b. Memotivasi
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran penelitian sosial.
c. Rambu-rambu belajar
Siswa memperhatikan skema penelitian sosial.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang proses berpikir, dan rancangan penelitian.
b. Siswa memberi tanggapan tertulis tentang hubungan karya seorang pengarang dengan keadaan sosial masyarakat.
c. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok atau dengan kelompok yang lama. Siswa mendiskusikan penelitian seseorang tentang kecenderungan anak-anak menggunakan waktu luangnya untuk bermain playstation.
d. Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas.
e. Siswa dan guru membuat kesimpulan atas hasil diskusi siswa.
3. Kegiatan Akhir
a. Siswa dan guru membuat rangkuman bersama materi yang sudah dipelajari bersama tentang proses berpikir dan rancangan penelitian. Siswa mencatat beberapa hal yang penting.
b. Siswa mengadakan post test tentang proses berpikir dan rancangan penelitian.


Pertemuan 2

No. Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu Keterangan
1. Pendahuluan
A. Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan beberapa pertanyaan seputar proses berpikir dan rancangan penelitian.
B. Memotivasi
Siswa menyebutkan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilik topik atau judul, merumuskan masalah, memilih sampel, dan syarat-syarat data yang baik..
C. Rambu-rambu belajar
Guru memberi tahu cara menentukan topik yang baik, merumuskan masalah, memilih sampel, dan memilih data.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang menentukan topik, merumuskan pertanyaan masalah, memilih sampel penelitian dan data.
b. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian menentukan topik atau judul penelitian, lalu merumuskan masalah, menentukan sampel penelitian, dan memperkirakan data yang akan diperoleh.
c. Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru bertindak sebagai pemandu diskusi kelas.
d. Siswa dan guru membuat rangkuman bersama.
3. Kegiatan Akhir
a. Siswa diberi tugas untuk membuat penelitian sendiri, merumuskan masalah, dan merancang penelitian.
b. Siswa ditugaskan untuk mengerjakan soal-soal evaluasi


Pertemuan 3

No. Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu Keterangan
1. Pendahuluan
A. Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran.
Kemudian, guru mengumpulkan tugas para siswa.
B. Memotivasi
Siswa mendengarkan maksud diadakan ulangan blok.
C. Rambu-rambu belajar
Siswa mendapat penjelasan dari guru tentang ulangan blok.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa mendapatkan soal-soal ulangan.
b. Siswa mengerjakan soal-soal ulangan yang sudah dibagikan.
c. Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya untuk diperiksa dan dinilai.

3. Kegiatan Akhir
a. Siswa dan guru membahas pertanyaan-pertanyaan yang telah dikerjakan oleh siswa dalam ulangan blok.
b. Siswa diberi tugas untuk mempelajari bahan yang telah dijadikan ulangan blok.


5. Sumber pembelajaran:
a. Buku Sosiologi SMA kelas 3
b. Pengalaman siswa tentang penelitian sosial
c. Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.

6. Media
1. Papan tulis
2. Alat-alat tulis
3. Lembar soal
4. Transparan Konsep
5. Power Point
6. LCD PROJECTOR
7. Penilaian
1. Hasil pekerjaan siswa dari ulangan blok
2. Laporan siswa tentang hasil penelitian sederhana














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama sekolah : SMA 3 KOTA SUKABUMI
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/semester : XII / 2

Standar Kompetensi : 1. Mempraktekkan metode penelitian
Kompetensi Dasar : 1. 2. Melakukan penelitian sosial secara sederhana.
Indikator :
• Menjelaskan arti pengumpulan data
• Menjelaskan cara-cara pengumpulan data
• Melaksanakan penelitian secara sederhana

Alokasi Waktu : 4 x 45 menit (4 X Pertemuan)

1. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
 menjelaskan arti pengumpulan data penelitian
 menggunakan angket atau kuesioner
 melakukan observasi
 melakukan wawancara

2. Materi Pembelajaran
1. Pegumpulan data

3. Metode Pembelajaran
a. informasi
b. kerja mandiri
c. tanya-jawab
d. eksplorasi
e. diskusi
f. ceramah

4. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1

No. Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu Keterangan
1. Pendahuluan
A. Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan beberapa pertanyaan tentang penelitian sosial dan mengumpulkan tugas.
B. Memotivasi
Guru menjelaskan metode pengumpulan data.
C. Rambu-rambu belajar
Siswa memperhatikan skema pengumpulan data.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian pengumpulan data, studi kepustakaan, angket, observasi, dan wawancara.
b. Siswa dan guru bertanya jawab tentang penelitian.
c. Siswa membuat ikhtisar tentang metode kepustakaan.
d. Siswa membuat angket untuk mengumpulkan data.
e. Siswa mengumpulkan tugasnya kepada guru untuk dinilai.
f. Siswa dan guru membuat kesimpulan singkat tentang ikhtisar dan angket yang dibuat siswa.
3. Kegiatan Akhir
a. Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang materi yang sudah dipelajari yaitu metode pengumpulan data dengan studi kepustakaan dan angket.
b. Siswa mengadakan post test tentang metode pengumpulan data dengan studi kepustakaan dan angket dari buku

Pertemuan 2

No. Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu Keterangan
1. Pendahuluan
A. Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan beberapa pertanyaan seputar pengumpulan data.
B. Memotivasi
Siswa menyebutkan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam observasi dan wawancara.
C. Rambu-rambu belajar
Guru memberi tahu cara observasi dan wawancara.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang observasi dan wawancara.
b. Siswa membuat daftar observasi sesuai dengan topik yang telah dipilih.
c. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mendiskusikan kasus yang dipilih
d. Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas dan guru bertindak sebagai pemandu diskusi klasikal.
e. Siswa dan guru membuat kesimpulan atas hasil diskusi siswa.
3. Kegiatan Akhir
a. Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang metode observasi dan wawancara.
b. Siswa mengerjakan soal evaluasi untuk persiapan ulangan blok


5. Sumber pembelajaran:
a. Buku Sosiologi SMA kelas 3
b. Pengalaman siswa tentang melakukan studi pustaka, membuat angket, observasi dan wawancara.
c. Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.

6. Media
3. Papan tulis
4. Alat-alat tulis
5. Lembar soal
6. Transparan Konsep
7. Power Point
8. LCD PROJECTOR
7. Penilaian
9. Hasil pekerjaan siswa dari ulangan blok
10. Laporan siswa tentang hasil observasi dan wawancara.
11. Diskusi kelompok dalam buku

Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.

No. Nama ASPEK PENILAIAN Total nilai Presentasi
Sikap Keaktifan Wawasan Kemampuan mengemukakan pendapat Kerja sama




Keterangan: nilai maksimal 20


LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No Nama Siswa Aspek yang Dinilai Skor/ Jumlah
1 2 3 4 5 6






Aspek yang dinilai:
1. Kemampuan menyampaikan pendapat.
2. Kemampuan memberikan argumentasi.
3. Kemampuan memberikan kritik.
4. Kemampuan mengajukan pertanyaan.
5. Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
6. Kelancaran berbicara.



Penskoran: Jumlah skor:
A. Tidak Baik Skor 1 24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor 2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12—17 = Cukup
D. Baik Skor 4 6—11 = Kurang
E. Sangat Baik Skor 5


FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No Nama Siswa Kriteria Penilaian Jumlah Skor
1 2 3 4 5
1
2
dst

Keterangan: Rentang skor : 1—3
Aktivitas dalam kelompok 2—15 = Sangat baik
Tanggung jawab individu 9—11 = Baik
Pemikiran 6—8 = Cukup
Keberanian berpendapat 3—5 = Kurang
Keberanian tampil























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama sekolah : SMA 3 KOTA SUKABUMI
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/semester : XII / 2

Standar Kompetensi : 1. Mempraktekkan metode penelitian
Kompetensi Dasar : 1. 2. Melakukan penelitian sosial secara sederhana.
Indikator :
• Menjelaskan arti pengumpulan data
• Menjelaskan cara-cara pengumpulan data
• Melaksanakan penelitian secara sederhana
• Menjelaskan tahap-tahap pengolahan data, pengorganisasian data.
• Mendeskrispsikan jenis hubungan data.


Alokasi Waktu : 6 x 45 menit (8 X Pertemuan)

1. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
 menjelaskan arti pengumpulan data penelitian
 menggunakan angket atau kuesioner
 melakukan observasi
 melakukan wawancara
 mendeskripsikan tahap-tahap pengolahan data
 menjelaskan pengorganisasian data
 menjelaskan pengolahan data
 mendeskripsikan jenis hubungan data

2. Materi Pembelajaran
1. Pegumpulan data
2. Pengolahan data

3. Metode Pembelajaran
1. informasi
2. kerja mandiri
3. tanya-jawab
4. eksplorasi
5. diskusi
6. ceramah

4. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1

No. Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu Keterangan
1. Pendahuluan
A. Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan beberapa pertanyaan tentang penelitian sosial dan mengumpulkan tugas.
B. Memotivasi
Guru menjelaskan metode pengumpulan data.
C. Rambu-rambu belajar
Siswa memperhatikan skema pengumpulan data.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian pengumpulan data, studi kepustakaan, angket, observasi, dan wawancara.
b. Siswa dan guru bertanya jawab tentang penelitian.
c. Siswa membuat ikhtisar tentang metode kepustakaan.
d. Siswa membuat angket untuk mengumpulkan data.
e. Siswa mengumpulkan tugasnya kepada guru untuk dinilai.
f. Siswa dan guru membuat kesimpulan singkat tentang ikhtisar dan angket yang dibuat siswa.
3. Kegiatan Akhir
a. Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang materi yang sudah dipelajari yaitu metode pengumpulan data dengan studi kepustakaan dan angket.
b. Siswa mengadakan post test tentang metode pengumpulan data dengan studi kepustakaan dan angket


Pertemuan 2

No. Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu Keterangan
1. Pendahuluan
Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan beberapa pertanyaan seputar pengumpulan data.
Memotivasi
Siswa menyebutkan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam observasi dan wawancara.
Rambu-rambu belajar
Guru memberi tahu cara observasi dan wawancara.
2. Kegiatan Inti
Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang observasi dan wawancara.
Siswa membuat daftar observasi sesuai dengan topik yang telah dipilih.
Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mendiskusikan kasus yang ada dalam buku
Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas dan guru bertindak sebagai pemandu diskusi klasikal.
Siswa dan guru membuat kesimpulan atas hasil diskusi siswa.
3. Kegiatan Akhir
Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang metode observasi dan wawancara.
Siswa mengerjakan soal evaluasi untuk persiapan ulangan blok dalam buku


Pertemuan 3

No. Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu Keterangan
1. Pendahuluan
a. Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan beberapa pertanyaan seputar pengumpulan data.
b. Memotivasi
Siswa menyebutkan beberapa hal yang perlu diperhatikan pengolahan data seperti editing, coding.
c. Rambu-rambu belajar
Guru memberi tahu cara mengolah data yang baik.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang tahap-tahap mengolah data, mengorganisasi data, mengolah data, dan jenis hubungan data.
b. Siswa mempersiapkan analisis data seperti editing dan pengkodean.
c. Siswa melakukan pengorganisasian data yang telah diediting dan diberi kode.
d. Siswa siswa mengolah data dengan menggunakan cara pengolahan data statistik ataupun nonstatistik.
e. Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang materi yang baru saja dijelaskan oleh guru.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru memberi post test tentang materi pengolahan data.
b. Siswa mengerjakan soal evaluasi dari buku


5. Sumber pembelajaran:
a. Buku Sosiologi SMA kelas 3
b. Pengalaman siswa tentang melakukan studi pustaka, membuat angket, observasi dan wawancara.
c. Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.

6. Media
Papan tulis
Alat-alat tulis
Lembar soal
Transparan Konsep
Power Point
LCD PROJECTOR

7. Penilaian
a. Hasil pekerjaan siswa dari ulangan blok
b. Laporan siswa tentang hasil observasi dan wawancara.
c. Hasil pengolahan data dari siswa.
d. Diskusi kelompok dalam buku
Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.

No. Nama ASPEK PENILAIAN Total nilai Presentasi
Sikap Keaktifan Wawasan Kemampuan mengemukakan pendapat Kerja sama




Keterangan: nilai maksimal 20


LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No Nama Siswa Aspek yang Dinilai Skor/ Jumlah
1 2 3 4 5 6






Aspek yang dinilai:
Kemampuan menyampaikan pendapat.
Kemampuan memberikan argumentasi.
Kemampuan memberikan kritik.
Kemampuan mengajukan pertanyaan.
Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
Kelancaran berbicara.

Penskoran: Jumlah skor:
A. Tidak Baik Skor 1 24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor 2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12—17 = Cukup
D. Baik Skor 4 6—11 = Kurang
E. Sangat Baik Skor 5


FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No Nama Siswa Kriteria Penilaian Jumlah Skor
1 2 3 4 5
1
2
dst

Keterangan: Rentang skor : 1—3
1. Aktivitas dalam kelompok 2—15 = Sangat baik
2. Tanggung jawab individu 9—11 = Baik
3. Pemikiran 6—8 = Cukup
4. Keberanian berpendapat 3—5 = Kurang
5. Keberanian tampil


































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama sekolah : SMA 3 KOTA SUKABUMI
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/semester : XII / 2

Standar Kompetensi : 1. Mempraktekkan metode penelitian
Kompetensi Dasar : 1. 3. Mengkomunikasikan hasil penelitian sosial secara
sederhana.
Indikator :
• Membuat laporan peneliltian sosial secara sederhana.
• Mempresentasikan hasil penelitian sosial secara sederhana.

Alokasi Waktu : 4 x 45 menit (4 X Pertemuan)

1. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
 Menyusun garis besar laporan
 Menyusun hasil penelitian
 Membuat laporan penelitian
 Mempresentasikan hasil penelitian

2. Materi Pembelajaran
Penulisan Laporan Penelitian

3. Metode Pembelajaran
a. informasi
b. kerja mandiri
c. tanya-jawab
d. eksplorasi
e. diskusi
f. ceramah

4. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
No. Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu Keterangan
1. Pendahuluan
A. Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan beberapa pertanyaan tentang pengolahan data.
B. Memotivasi
Guru menjelaskan metode penulisan laporan hasil penelitian.
C. Rambu-rambu belajar
Siswa memperhatikan skema penulisan laporan penelitian.
2. Kegiatan Inti
A. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang menyusun garis besar laporan penelitian, menyusun hasil penelitian, merumuskan kesimpulan dan melakukan diskusi sebelum menampilkan laporan.
B. Siswa membuat susunan secara garis besar laporan penelitian berdasarkan data yang sudah diolah.
C. Siswa secara berkelompok menyusun hasil penelitian dalam bentuk laporan.
D. Siswa secara berkelompok membuat kesimpulan dari hasil penelitian.
E. Siswa secara berkelompok membacakan laporan hasil penelitian di depan kelas. Beberapa siswa dipilih sebagai presenter, moderator, penanggap, dan notulen.
3. Kegiatan Akhir
a. Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang penulisan laporan penelitian.
b. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi dari buku


Pertemuan 2
No. Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu Keterangan
1. Pendahuluan
A. Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran.
B. Memotivasi
Siswa mendengarkan maksud diadakan ulangan blok.
C. Rambu-rambu belajar
Siswa mendapat penjelasan dari guru tentang ulangan blok.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa mendapatkan soal-soal ulangan.
b. Siswa mengerjakan soal-soal ulangan yang sudah dibagikan.
c. Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya untuk diperiksa dan dinilai.

3. Kegiatan Akhir
a. Siswa dan guru membahas pertanyaan-pertanyaan yang telah dikerjakan oleh siswa dalam ulangan blok.
b. Siswa diberi tugas untuk mempelajari bahan yang telah dijadikan ulangan blok.
5. Sumber pembelajaran:
1. Buku Sosiologi SMA kelas 3
2. Pengalaman siswa membuat laporan hasil penelitian
3. Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.

6. Media
1. Papan tulis
2. Alat-alat tulis
3. Lembar soal
4. Transparan Konsep
5. Power Point
6. LCD PROJECTOR
7. Penilaian
1. Hasil pekerjaan siswa dari ulangan blok
2. Laporan hasil penelitian
3. Diskusi kelompok berdasarkan laporan hasil penelitian.

Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.

No. Nama ASPEK PENILAIAN Total nilai Presentasi
Sikap Keaktifan Wawasan Kemampuan mengemukakan pendapat Kerja sama




Keterangan: nilai maksimal 20


LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No Nama Siswa Aspek yang Dinilai Skor/ Jumlah
1 2 3 4 5 6






Aspek yang dinilai:
Kemampuan menyampaikan pendapat.
Kemampuan memberikan argumentasi.
Kemampuan memberikan kritik.
Kemampuan mengajukan pertanyaan.
Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
Kelancaran berbicara.

Penskoran: Jumlah skor:
A. Tidak Baik Skor 1 24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor 2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12—17 = Cukup
D. Baik Skor 4 6—11 = Kurang
E. Sangat Baik Skor 5


FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No Nama Siswa Kriteria Penilaian Jumlah Skor
1 2 3 4 5
1
2
dst

Keterangan: Rentang skor : 1—3
1. Aktivitas dalam kelompok 2—15 = Sangat baik
2. Tanggung jawab individu 9—11 = Baik
3. Pemikiran 6—8 = Cukup
4. Keberanian berpendapat 3—5 = Kurang
5. Keberanian tampil

Mengetahui: Sukabumi, Juli 2009
Kepala Sekolah Guru Bidang studi




Drs. Riskardjo, M.Si. Olih Solihudin, S.S.
NIP. 131 284 797 NIP. 480 125 194

0 komentar:

Followers

Olih Solihudin, SS. Diberdayakan oleh Blogger.

WELCOME TO SOCIOLOGY BLOG

Selamat datang di blog sosiologi SMA Negeri 3 kota Sukabumi, blog ini dirancang untuk memudahkan komunikasi pembelajaran melalui internet. Selamat membaca.................
Loading...

TERBAIK

Setiap manusia pasti memnginginkan sesuatu yang terbaik, dalam hal apapun itu. Maka tetaplah berusaha sebaik mungkin agar tetap menjadi yang TERBAIK

Road to Bali

Road to Bali
rekreasi..............

MENU UTAMA

Search

Memuat...

About Me

Foto Saya
Olih Solihudin, SS
Sukabumi, Jawa Barat
Guru Sosiologi SMAN 3 Sukabumi dan Pengajar pada Bimbingan Belajar Ganesha Operation (GO)
Lihat profil lengkapku